×
September 05, 2017

Ingin Menjadi Cashless Society?

Cashlez Inspiration

Perkembangan teknologi memberikan dampak signifikan pada perilaku konsumen dalam proses bertransaksi, yakni dari tunai beralih menjadi non-tunai. Mari mengingat kembali ke masa di mana sebagian besar orang masih menggunakan uang tunai untuk melakukan seluruh transaksi, namun sekarang sudah mulai beralih menggunakan non-tunai, salah satunya alat pembayaran kartu. Menggunakan uang tunai, dapat dikatakan kurang bijak dikarenakan memberikan peluang kriminal yang lebih tinggi untuk melakukan pencurian, perampokan, korupsi, di samping itu kurang praktis dan higienis. Oleh karena itu, penggunaan transaksi menggunakan kartu sangat diutamakan sehingga transaksi dapat berlangsung secara aman dan praktis.

Seiring dengan perkembangan tersebut, Bank Indonesia sangat proaktif dalam mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) sebagai gerakan tahunan yang didukung dengan berbagai kegiatan untuk mendorong meningkatkan pemahaman masyarakat akan penggunaan instrumen non tunai dalam melakukan transaksi pembayaran. GNNT ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai, sehingga berangsur-angsur terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrumen non tunai (Less Cash Society/LCS) khususnya dalam melakukan transaksi.

Less Cash Society atau yang sering disebut Cashless Society merupakan suatu kalangan yang melakukan transaksi non-tunai, dengan menggunakan alat pembayaran kartu, uang elektronik, atau sistem pembayaran elektronik lainnya. Dengan adanya kampanye GNNT, selain bertambahnya volume pengguna kartu, dibutuhkan juga infrakstruktur yang mendukung terciptanya ekosistem tersebut, yaitu tersedianya alat penerimaan pembayaran yang memfasilitasi gerakan non-tunai. Penerimaan pembayaran menggunakan kartu masih sangat minim, mengingat jumlah yang tersebar di seluruh Indonesia kurang lebih sebanyak satu juta buah mesin EDC.

Inovasi teknologi terbaru, mPOS, menghadirkan cara bertransaksi menggunakan kartu dengan modern, mudah, praktis dan aman. Perbedaan mPOS dengan EDC adalah mengenai pelaporan (reporting) yang sangat mudah jika menggunakan mPOS. Merchant/toko dapat memonitor transaksi kapan pun dan di mana pun.  Salah satu perusahaan yang memfasilitasi transaksi dengan mPOS adalah Cashlez. mPOS Cashlez dapat menerima pembayaran dari semua jenis kartu yang berlogo VISA, Master Card, JCB dan BCA.

Cashlez adalah perusahaan yang mendapat pendanaan dari Mandiri Capital, yang berkontribusi penuh untuk mewujudkan Cashless Society dengan inovasi yang dimiliki. Ingin tahu perkembangan teknologi finansial terkini? Simak liputan perkembangan Cashlez di Kompas TV bersama CEO Cashlez, Teddy Setiawan Tee. Yuk!

Share This News to: