×
September 24, 2018

3 Alasan Mengapa Cashless Society Lebih Baik

Cashlez Inspiration

Less Cash Society atau yang sering disebut Cashless Society merupakan suatu kalangan yang melakukan transaksi non-tunai, dengan menggunakan alat pembayaran kartu, uang elektronik, atau sistem pembayaran elektronik lainnya. Istilah cashless society ini mulai muncul sejak Bank Indonesia mengeluarkan kampanye Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) sebagai gerakan tahunan yang didukung dengan berbagai kegiatan untuk mendorong meningkatkan pemahaman masyarakat akan penggunaan instrumen non tunai dalam melakukan transaksi pembayaran. GNNT ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen non tunai, sehingga berangsur-angsur terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrumen non tunai (Less Cash Society/LCS) khususnya dalam melakukan transaksi.

Apa sih untungnya menjadi cashless society? Berikut 3 manfaat yang akan Anda dapatkan:

  1. Lebih Mudah dan Efisien

Melakukan pembayaran secara non-tunai akan memudahkan transaksi Anda. Anda tidak perlu lagi untuk membawa uang tunai yang banyak atau kesulitan membayar apabila uang tunai Anda tidak mencukupi. Saat melakukan transaksi pada mesin kasir pun Anda tidak perlu repot menghitung uang dan menunggu kembalian, cukup menggunakan kartu debit, kartu kredit, tcash, dan lainnya.

  1. Mengatur Keuangan Lebih Baik

Transaksi non-tunai yang Anda lakukan akan secara otomatis tercatat dalam catatan laporan keuangan bank Anda. Anda tidak perlu khawatir lagi apabila tidak dapat mengingat ke mana saja arus pengeluaran Anda atau untuk apa saja uang tersebut digunakan. Dengan bertransaksi secara cashless, transaksi Anda akan tercatat mulai dari jumlah transaksi, tempat, dan juga waktu, seluruh keterangan tersebut pun bisa Anda dapatkan dengan mudah. Kemudahan tracking ini juga menjadi sarana agar Anda dapat mengontrol transaksi yang dilakukan agar tidak ada penyalahgunaan apapun dan mulai memangkas pengeluaran saat sudah berlebihan.

  1. Terhindar dari Tindak Kejahatan

Membawa uang tunai dalam jumlah besar dalam tas akan berpengaruh pada tingkat keamanan diri Anda. Anda akan merasa cemas akan tindak kejahatan yang mungkin terjadi. Tindakan kejahatan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Dengan menjadi cashless society, Anda akan terbiasa untuk membawa uang tunai dalam jumlah sedikit tanpa harus merasa cemas. Transaksi non-tunai ini pun lebih aman dikarenakan adanya sistem otentikasi yang berlapis, seperti pemberian password kata kunci serta kode OTP yang dikirimkan ke smartphone Anda.


Jadi, tunggu apa lagi? Go cashless now!

Share This News to: