×
January 10, 2019

3 Alasan Berbisnis Kopi Tepat Untukmu!

Cashlez Inspiration

Menikmati secangkir kopi di coffee shop sambil berbincang-bincang dengan rekan, teman, atau sahabat, tampaknya perlahan-lahan telah menjadi rutinitas individu maupun sejumlah kelompok. Tak ayal jika industri kopi menjadi bidikan bisnis yang cukup tepat menyasar para penikmat kopi.

Bisnis coffee shop bukan lagi menjadi tren musiman, tetapi kini telah menjadi suatu budaya masyarakat perkotaan, khususnya bagi mereka yang ingin sekedar melepas penat atau sekedar berbagi cerita dengan sesamanya. Hal ini jugalah yang membuat para pebisnis melebarkan sayap di industri kopi.

Banyaknya penikmat kopi didukung oleh data dari International Coffee Organization (ICO) yang mencatat bahwa konsumsi kopi Indonesia periode 2016/2017 mencapai 4.6 juta kemasan 60 kg/lb (60 kg) dan berada di urutan keenam setelah Uni Eropa, Amerika, Brasil, Jepang, dan Rusia.

Perkembangan konsumsi kopi yang cukup signifikan ini dapat dilihat dari banyaknya konsumen yang memilih minum kopi di coffee shop, bukan lagi di rumah. Seduhan atas racikan varian kopi dari para barista terasa lebih nikmat, apalagi jika para konsumen dapat mengenal kopi secara langsung dari baristanya.

Lalu, apa alasan lainnya?

Alasan kedua adalah tingginya keuntungan yang diperoleh dari bisnis kopi. Pasalnya kopi tidak hanya dipasarkan dalam berbagai bentuk olahan minuman dan makanan saja, tetapi kopi juga dapat dipasarkan dalam bentuk biji kopi hasil roasting maupun yang sudah berupa bubuk kopi. Tentu saja, kemasan berisi biji maupun bubuk kopi ini juga disasar bagi para penikmat kopi yang ingin menikmati kopi bersama keluarga di rumah.

Alasan lainnya adalah para pebisnis dapat membantu perekonomian petani kopi lokal Indonesia. Pebisnis kopi dapat membantu petani untuk lebih sejahtera, jika para pebisnis secara langsung membeli green beans pilihan dari para petani, bukan dari pengepul.

Apakah kamu mulai tertarik dengan bisnis ini? Atau masih penasaran tentang “mengapa bisnis kopi menguntungkan”? Ikuti informasi lainnya di blog Cashlez, ya!

Share This News to: