×
February 11, 2019

Perusahaan Berbasis Teknologi Dominasi Sistem Pembayaran di Era Industri 4.0

Cashlez Inspiration

Achmad Deni Daruri, Presiden Director Center for Banking Crisis, mengungkapkan bahwa sistem pembayaran pada era industri 4.0 saat ini dan masa depan akan semakin berinovasi karena adanya dominasi perusahaan berbasis teknologi. Perusahaan berbasis teknologi akan mendominasi model bisnis pembayaran, bukan lagi oleh perusahaan perbankan besar. Kode QR dan e-wallet sebagai model bisnis pembayaran dengan kemudahan ‘sentuhan’ akan semakin melengkapi era industri 4.0 ini.

Sayangnya, perusahaan berbasis teknologi yang mengadopsi kecanggihan teknologi informasi ini masih riskan akan resiko. Resikonya, perusahaan-perusahaan berbasis teknologi akan mengalami kebangkrutan dan akhirnya keluar dari era industri, jika tidak melakukan kalkulasi biaya dengan baik.

Perusahaan-perusahaan yang baru berdiri dan bergerak di bidang teknologi ini khususnya, tentu memerlukan bantuan manajerial ataupun teknikal untuk mengimbangi jalannya kewirausahaan yang dilakukan. Bantuan manajerial dan teknikal ini tercakup ke dalam investasi model ventura. Kebanyakan dana ventura berasal dari sekelompok investor yang mapan keuangannya, bank investasi, ataupun institusi keuangan lainnya. Pasalnya, perusahaan-perusahaan yang baru berdiri seringkali tidak mendapat kesempatan untuk memperoleh pinjaman. Oleh karena itu, investor penting untuk mendukung keberhasilan bisnis dan jangan lupakan juga bahwa mereka memiliki hak suara sebagai penentu arah kebijakan perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Selain hal-hal di atas yang juga patut dipertimbangkan, faktor lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas sumber daya manusia dan tersedianya infrastruktur teknologi informasi. Keduanya harus seimbang. Manusia  yang akan mengarahkan kecanggihan teknologi informasi untuk menghasilkan produk yang tepat guna bagi sasaran atau target konsumennya.

Satu lagi, kesiapan dalam aspek hukum atau legal. Jika tidak didukung oleh kesiapan legal, maka penerapan sistem pembayaran dalam industri 4.0 akan menghadapi kegagalan yang serius.

Share This News to: