×
March 13, 2019

Kartu Kredit VS Kartu Debit? Simak Faktanya!

Cashlez Inspiration

GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) kini semakin marak dilakukan untuk menciptakan kestabilan inklusi keuangan. Transaksi non tunai ini juga digemari oleh masyarakat , khususnya kota besar, karena kepraktisannya. Pasalnya, kita tak perlu membawa sederet uang yang membuat dompet menjadi ‘gembung’ lagi. Resiko kecopetan juga dapat diminimalisir, pasalnya kita hanya membawa sebuah kartu dalam genggaman.

Tak hanya itu saja, sebenarnya dengan transaksi non tunai ini, para merchant juga dapat terbantu. Mengapa? Ya, mereka tidak lagi harus menyediakan sejumlah uang sebagai uang kembalian jika kamu tidak memberikan uang pas. Para pemilik usaha juga tidak lagi bingung untuk menghitung sejumlah uang hasil transaksi penjualan produk mereka saat menutup hari.

Ketika melakukan transaksi non tunai, tak sedikit konsumen yang menggunakan kartu kredit, kartu debit, e-money, dan sejenisnya. Kali ini Cashlez akan membagikan fakta tentang kartu kredit vs kartu debit, yuk simak!

  1.       Dari segi mekanisme

Darimana saya mendapatkan kartu debit? Syaratnya adalah kamu harus menjadi seorang nasabah dari bank dengan membuka tabungan disana. Pasalnya kartu debit yang akan kamu miliki pasti memiliki logo bank tersebut. Selain itu, kamu harus memiliki saldo untuk melakukan transaksi dengan merchant tertentu. Transaksi yang kamu lakukan dibatasi berdasarkan jumlah uang saldo tabungan. Tidak ada iuran tahunan yang dibebankan ke kamu, karena biaya transaksi langsung dipotong dari saldo kartu debit yang kamu miliki.

Bagaimana dengan kartu kredit? Kamu tidak perlu memiliki rekening tabungan di bank penerbit kartu kredit. Yap, itu adalah nilai plus yang dapat kamu terima. Selain itu, kamu juga tidak perlu memiliki saldo di rekening tabungan kamu. Pasalnya jumlah pinjaman dan transaksi harian kamu hanya dibatasi berdasarkan limit tertentu atas kartu kredit yang kamu pilih. Pinjaman dan transaksi harian yang kamu lakukan tersebut akan ditagih per bulan dengan metode pembayaran cicilan atau penuh. Salah satu syarat untuk melakukan transaksi dengan kartu kredit ini adalah kamu perlu membubuhkan tanda tangan untuk setiap transaksi non tunai yang kamu lakukan.

  1.      Dari segi manfaat

Kartu debit:

  • Tabungan bergerak, bebas tarik tunai di ATM bank penerbit kartu debit kamu, dan bebas transfer ke rekening lain via ATM.
  • Tidak ada bunga atau denda, kecuali biaya administrasi. Semua biaya ditarik dari saldo tabungan.
  • Kamu tidak berutang. Mengapa? Pasalnya, kamu menggunakan uang sendiri dan bukan pinjaman dari bank.

Kartu kredit:                              

  • Kemudahan belanja tanpa dibatasi uang saldo tabungan.
  • Kamu akan mendapatkan banyak promo dan diskon untuk transaksi menggunakan kartu ini.
  • Mudah bertransaksi di luar negeri, karena kartu kredit berlaku di seluruh  belahan dunia.
Share This News to: